Cara Investasi untuk Pemula agar Berhasil Dapat Keuntungan

Cara Investasi untuk Pemula agar Berhasil Dapat Keuntungan

Ada banyak cara investasi yang efektif memberikan hasil. Tren investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah saat ini semakin populer di berbagai kalangan. Bukan hanya pebisnis atau pekerja, namun ibu rumah tangga juga mulai melek investasi.

Investasi bukan hanya saham, property dan semua hal yang membutuhkan modal besar. Siapa saja dengan berbagai latar belakang ekonomi bisa memulai berinvestasi. Asal tahu cara memulai semua investasi pasti berhasil.

Cara Investasi Paling Aman untuk Pemula

Sebelum menentukan berinvestasi Anda harus pahami dulu manfaat memilikinya. Dengan berinvestasi Anda bisa mengamankan aset dan memiliki banyak tabungan di masa depan. Namun ini membawa konsekuensi tersendiri berkaitan dengan finansial.

Saat ini masyarakat semakin sadar akan pentingnya memiliki jaminan kesejahteraan hidup. Hal ini difasilitasi dengan beragam jenis investasi terbaik untuk pemula. Bagi Anda yang masih pemula, ikuti cara investasi berikut ini supaya berhasil.

Tentukan Tujuan Anda dalam Berinvestasi

Berinvestasi saat ini memang menguntungkan di masa depan. Namun ada konsekuensinya yang harus Anda tanggung saat ini. Sehingga Anda bisa melakukannya dengan mudah sesuai rencana.

Pastinya, salah satu cara investasi yang pertama kali penting dipahami adalah menentukan tujuan untuk apa dilakukannya tersebut. Sehingga Anda bisa semakin bersemangat untuk berinvestasi sesuai kebutuhan.

Tujuan berinvestasi di sini berhubungan dengan jangka waktu. Apakah untuk jangka panjang atau jangka pendek. Keduanya memiliki manfaat besar hanya berbeda pada penempatannya yang berkaitan dengan waktu pencairan.

Contoh Anda bermaksud mempersiapkan pendidikan anak untuk jangka 5 sampai 10 tahun kedepan. Ini termasuk berinvestasi jangka panjang, artinya investasi Anda tidak dapat dicairkan dalam waktu dekat.

Sebaliknya jika menabung untuk biaya renovasi rumah atau biaya pernikahan 1 hingga 2 tahun kedepan, gunakan tabungan jangka pendek. Lebih cepat dicairkan pada saat dibutuhkan dan sudah memberikan untung.

Sehingga hal tersebut cocok sekali untuk Anda yang ingin segera menikmati hasil dari berinvestasi jangka pendek. Setidaknya hal tersebut bisa membuat proses menabung juga tidak terlalu lama.

Karena tidak dapat dipungkiri bila pada dasarnya seringkali orang merasa bosan ketika proses menabung dimulai. Sehingga belum sampai penuh, sudah berhenti begitu saja untuk mengisi tabungannya.

Menghitung Total Pendapatan Setiap Bulan

Cara investasi yang kedua dan amat penting adalah memperhitungkan total pendapatan. Baik dari gaji bulanan, penghasilan dari usaha dan lainnya. Ini akan menentukan berapa besar modal yang bisa Anda alokasikan.

Karena bila Anda tidak menentukan besaran total penghasilan setiap bulannya, hal tersebut akan membuat semakin sulit untuk menyisihkan uang demi menabung. Jadi meski awalnya mungkin sulit untuk dilakukan, sebaiknya berusahalah.

Bagi yang bekerja sebagai karyawan dengan penghasilan tetap, cara investasi paling baik adalah menyisihkan maksimal 30% dari gaji setiap bulan. Prosentase ini sudah cukup memadai untuk diputar sebagai tabungan.

Agar lebih maksimal, Anda perlu memaksakan diri untuk menyisihkan penghasilan tersebut. Ambil di awal pada saat menerima gaji, jangan menunggu akhir bulan jika ada uang sisa karena kurang efektif.

Sebisa mungkin hindari kebutuhan tersier seperti barang mewah dan liburan mahal. Ingat bahwa Anda memiliki kebutuhan yang lebih besar. Sehingga keinginan untuk berperilaku konsumtif bisa ditekan.

Jadi pastikan untuk mempelajari bagaimana caranya membedakan antara kebutuhan dan juga keinginan. Cukup memahami 2 istilah itu saja sudah cukup membantu Anda menyisihkan cukup uang.

Pilih Instrumen yang Paling Tepat 

Cara investasi berikutnya yaitu dengan memilih instrument. Jika Anda berencana memiliki tabungan jangka pendek, bisa menggunakan deposito Bank dan emas murni. Keduanya saat ini sedang menjadi tren.

Untuk tabungan jangka pendek ini investor bisa memulai dengan nominal kecil terlebih dahulu. Bisa dengan cara mencicil untuk emas, untuk deposito bisa mulai dari tabungan reguler. 

Cara investasi 100 ribu profit harian yang saat ini sedang hits di kalangan anak muda adalah Reksadana dan saham. Reksadana diminati karena mudah pengelolaannya, bisa diikuti mulai dari nominal Rp 100.000 saja.

Investasi saham semakin populer karena mulai go public dengan banyak tersedianya aplikasi mobile. Kemudahan akses dan pemantauannya menjadikan para investor muda merasa lebih aman dan untung.

Instrumen lain yang harus masuk dalam daftar cara investasi terbaru adalah properti, tanah atau dan bangunan. Untuk satu ini tidak perlu diragukan lagi perhitungan keuntungannya di masa mendatang. 

Semua jenis instrumen investasi bisa diambil oleh pemula sekalipun. Jika investor memiliki dana lebih sebaiknya memilih jenis tabungan jangka panjang. Sebab keuntungannya lebih maksimal dari kenaikan harga setiap tahunnya.

Paling penting dalam berinvestasi adalah konsisten dan fokus pada tujuan yang sudah Anda setting sejak awal. Baik jangka panjang atau jangka pendek cara investasi yang benar memberikan untung maksimal.

Pendanaan di P2P Lending Amartha dan Dapatkan Keuntungan hingga 18% per tahun

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Dengan modal mulai Rp100.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Amartha. Selain itu, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 18% per tahun.

Komentar